Minggu, 27 Juli 2014

TIGA UNSUR PENTING DALAM KEHIDUPAN



           Dalam kehidupan setiap orang, ada tiga unsur yang perlu dimiliki sehingga mampu (eksis) menjalani kehidupannya. Hal ini sangat terkait dengan penyelesaian berbagai masalah, pengambilan keputusan, menetapkan tindakan yang akan dilakukan untuk memperoleh apa yang diharapkan atau dicita-citakan.  Ketiga  unsur dimaksud adalah Kekuatan, Keberanian dan Pengharapan. Ketiga unsur dimaksud mengandung makna yang sangat esensi dalam seluruh kehidupan seseorang. Ibaratnya, seorang pemuda yang telah menyelesaikan kuliahnya yang akan memasuki dunia kerja atau mau terjun ditengah-tengah masyarakat, apabila dia mulai mencari kerja atau mulai berusaha ditengah-tengah masyarakat maka dia harus punya kekuatan dan keberanian untuk memulai suatu usaha  apa yang akan dilakukan untuk bisa hidup mandiri lepas dari tanggungan orang tua. Hal-hal tersebut merupakan bagian yang sangat penting untuk dapat dipahami. Di sisi lain, kekuatan yang dimiliki seseorang tentu saja harus dibarengi keberanian untuk melakukan sesuatu. Keberanian dimaksud misalnya, memutuskan dan menetapkan mau kerja dimana atau berusaha dibidang apa. 

          Hal tersebut diatas tentu saja merupakan contoh kecil dari kehidupan dimana kita harus punya kekuatan dan keberanian serta pengharapan. Takkan ada seorangpun  yang sukses dalam kehidupannya apabila tidak memiliki kekuatan dan keberanian dalam kehidupannya. Oleh karena itu, Kekuatan, Keberanian dan Pengharapan merupakan tiga hal yang tidak dapat dilupakan dalam menata kehidupan, untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Dalam beberapa hal kekuatan dan keberanian harus diutamakan. Apakah itu berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya pribadi, kelompok atau masyarakat. Pokoknya kekuatan dan keberanian merupakan hal yang sangat penting diperhatikan.  Disamping kekuatan dan keberanian, tentu saja yang tidak kalah penting kita juga harus punya adalah pengharapan. Karena sekuat apapun kekuatan atau usaha yang kita lakukan dan sebesar apapun keberanian yang kita miliki, kalau kita tidak punya pengharapan semuanya itu akan menjadi sia-sia.

          Kekuatan ini tentu akan menjadi acuan bagaimana seseorang memiliki daya tahan, semangat atau daya juang dalam beberapa hal. Seseorang harus cermat bagaimana dia memanfaatkan kemampuan, keahlian atau pengalaman hidupnya. Hal ini juga terkait dengan upaya mengelola kehidupan dasn usaha apa yang mau kita lakukan.

          Sedangkan keberanian terkait dengan sikap dan keteguhan hati untuk menentukan langkah-langkah tepat dan jitu untuk pengembangan kehidupan. Tentu saja ada hal-hal lain yang berkaitan dengan dorongan hati, keputusan yang diambil dan keberanian untuk menentukan dan menetapkan tindakan yang harus dilakukan. 

          Selanjutnya Pengharapan terkait dengan keyakinan dan kepercayaan akan hasil dari segala upaya atau usaha yang kita harapkan. Tentu saja sebagai umat bergama kita akan selalu berdoa agar segala usaha yang kita lakukan sukses dan menghasilkan sesuai dengan yang kita harapkan.

          Oleh karena itu Kekuatan, Keberanian dan Pengharapan merupakan hal yang sangat penting kita miliki dalam kehidupan kita. Tentu saja Kekuatan, Keberanian dan Pengharapan yang kita miliki haruslah sesuai dengan kehendak Sang Pencipta.        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar