Rabu, 16 Juli 2014

RAHASIA UMUR PANJANG

 Memiliki umur yang panjang tentulah menjadi impian dari semua manusia normal di muka bumi ini. Semua  keluarga mengharapkan  semua anggota keluarganya dapat memiliki umur panjang. Banyak orang meyakini bahwa umur panjang dapat diperoleh melalui kehidupan keluarga yang bahagia dan  mempunyai pola makan yang sehat. Oleh karena itu banyak keluarga yang selalu menyediakan makanan yang sehat untuk keluarganya.
Selain fator kesehatan, tentu saja umur panjang juga dipengaruhi faktor  psikologi dan hubungan sosial serta  kontrol emosi yang positif. Disamping faktor tersebut diatas tentu ada beberapa faktor yang berhubungan dengan kehidupan dan lingkungan seperti berikut ini.   
   
a. Keluarga yang harmonis.
Menurut penelitian orang-orang yang hidupnya bahagia cenderung hidup lebih lama atau mempunyai umur panjang. Menciptakan kehidupan keluarga yang bahagia memang tidak selalu gampang, tetapi selalu bisa dibangun dan diupayakan. Untuk itu perlu dibangun rasa kebersamaan, saling mempercayai, saling mendengar dengan demikian akan tercipta rasa cinta kasih dan kebahagiaan. 

b. Pernikahan yang bahagia.
Menurut penelitian rata-rata orang-orang yang memiliki pernikahan bahagia cenderung umurnya lebih panjang dibandingkan dengan orang yang tidak pernah berkeluarga (single). 

c. Menjadi tetangga yang baik.
Saling mengasihi dan memperlakukan orang lain seperti apa yang kita inginkan adalah salah salah satu kebutuhan hidup yang bahagia. Tetangga merupakan  komunitas pendukung hidup kita dimana bantuannya sering kita perlukan.  Tetangga akan mencegah kita hidup dari rasa terisolasi dan kesepian. Hal ini akan mendukung hidup bahagia dan umur panjang. 

d. Melayani  orang lain.
Hidup melayani orang lain adalah tindakan yang selalu menciptakan kebahagiaan tersendiri sebagai akibat dari kebahagiaan yang dirasakan orang yang dilayani. Tindakan seperti ini akan membuang sikap ego yang bisa memisahkan kita dari orang lain. Orang yang penuh kasihsayang akan sangat mudah memahami orang lain, memiliki empati sama orang lain dan tidak gampang stress. Kasih sayang akan menumbuhkan kebaikan untuk mencintai orang lain. Perilaku yang tidak mementingkan diri sendiri dan mendahulukan orang lain  akan menumbuhkan cinta, perdamaian. 

e. Melupakan kesalahan orang lain.
Melupakan kesalahan orang lain merupakan obat yang paling manjur bagi perasaan kita yang tertekan karena menyimpan kekecewaan dalam kehidupan kita.  Seringkali orang terbeban oleh masa lalu yang tidak  bisa dilupakan dan akan menjadi penyakit berkepanjangan apabila selalu disimpan dalam hatinya. Makanya orang bijak sering berkata rela memaafkan adalah obat yang paling manjur. Sikap rela memaafkan akan meningkatkan hubungan dengan sesama dan memperpanjang umur kita. 

f. Saling menghargai.
Sikap saling menghargai akan menumbuhkan rasa toleransi. Dengan sikap toleransi penderitaan kita akan terasa  kecil dan berkat kita terasa besar. Sikap toleransi dapat  mengubah situasi negatif menjadi situasi positif. 

g. Rendah hati
Hidup dengan rendah hati akan membawa kita kedalam kehidupan yang sederhana, bersih tidak banyak menuntut tapi justru banyak memberi. Orang yang rendah hati selalu melakukan hal-hal, yang bisa dilakukan sendiri. 

Anda ingin memiliki umur panjang? Lakukanlah hal-hal tersebut diatas dalam kehidupanmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar