Sabtu, 26 Juli 2014

BELAJAR DARI MASALAH



          Dimuka bumi ini tak seorangpun manusia yang lahir tanpa masalah, maka dapat dipastikan semua punya masalah. Oleh karena itu masalah itu sebetulnya bukan sesuatu hal yang asing dan harus dihindari, karena bagaimanapun manusia tidak akan pernah luput dari berbagai masalah dalam kehidupannya. Tetapi masalah itu justru harus dihadapi dengan berbagai cara dan solusi dengan tidak menciptakan masalah baru. Tentu saja memang tidak ada manusia yang mau atau ingin menerima masalah. Akan tetapi kita harus mau belajar dari berbagai masalah yang kita hadapi dan mendapatkan pelajaran atau pengalaman baru yang belum tentu didapatkan oleh orang lain, yang selanjutnya bisa kita gunakan menghadapi masalah yang akan muncul selanjutnya.. 

         Untuk menghadapi berbagai permasalahan yang bisa timbul dalam kehidupan kita, dituntut suatu kesabaran untuk mampu mengambil hikmah dibalik semua masalah tersebut.  Masalah itu harus kita gunakan untuk mencapai sesuatu yang lebih baik lagi.
Guna menghadapi berbagai masalah yang muncul dalam kehidupan kita barangkali perlu merenungkan dan memahami beberapa hal sebagai berikut : 

 1. Masalah tidak harus dihindari, tapi harus dihadapi dengan tenang sambil mencari jalan  keluar dan harus yakin ada penyelesaian dan jalan keluarnya. 
 2. Menghadapi masalah harus berpikir positif dan berkata saya pasti bisa menemukan jalan    keluar. 
 3. Ingat selalu sebesar apapun masalah akan selesai juga seiring dengan berjalannya waktu. Segala sesuatu ada awalnya dan ada akhirmya. 
 4. Jaga selalu pikiran dengan baik, karena pikiran kita yang akan mempelopori untuk mencari jalan terbaik.
 5. Selalu bersikap baik, karena sikap kita menentukan sukses yang bisa kita raih. 
 6. Ingatlah susah dan senang akan silih berganti dalam kehidupan.  Orang yang tidak senang pada kita saat ini, suatu saat dia bisa juga senang pada kita.
 7. Ingat selalu kebaikan orang dan lupakan kesalahannya.
 8. Jaga selalu kesehatanmu, karena dengan raga yang sehat kamu mampu melaksanakan segala sesuatu.
 9. Kuatkan mental dan tenagamu, tabahkan hatimu karena hidup memang penuh
permasalahan dan penderitaan.
10. Jangan suka membicarakan kejelekan orang, tapi bicarakanlah kebaikannya.
11. Perbanyaklah belajar karena itu akan menentukan masa depanmu.
12. Ingat selalu setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu jangan suka      minder,  tetapi kenalilah kelebihanmu.
13. Hidup penuh semangat, berusaha, kerja keras akan membawa kita kejalan menuju Sukses.
14. Jangan menilai seseorang dari kepemilikan dan kemampuannya, tapi nilailah dari     tindakan atau perbuatannya.
15. Semua orang sama di mata hukum, terlebih-lebih di mata Tuhan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar