Jumat, 25 Juli 2014

KELUARGA ADALAH TEMPAT PALING AMAN



          Apakah ada diantara kita yang tidak pernah kecewa dengan keluarganya? Barangkali tak ada seorangpun yang tidak pernah kecewa dengan keluarganya, karena tidak ada satupun keluarga yang sempurna  tanpa kekurangan sesuatu apapun. Oleh karena itu patutlah bersyukur kalau Anda  punya keluarga yang masih utuh.

          Seorang teman yang pernah kuliah di Jerman bercerita, mempunyai seorang kenalan anak muda Jerman Barat yang setiap tahun yaitu pada musim liburan Natal selalu menyewa satu keluarga yang bersedia menemaninya untuk merayakan Natal. Kedengarannya memang sangat aneh, tapi ini memang kisah nyata. Setiap menjelang perayaan Natal anak muda itu mengatakan dia tidak ingin merayakan Natal sendirian, karena sepanjang tahun dia sudah merasakan betapa sakitnya kesepian dengan kehidupan sebatangkara. Sepanjang perayaan Natal dia rela mengeluarkan $1.500 untuk menyewa satu keluarga untuk menemaninya. Dia hanya seorang pengemudi mobil truk. Tapi dia selalu bekerja dengan tekun sepanjang tahun sehingga dia mampu menisihkan sebagian penghasilannya untuk menyewa satu keluarga yang bersedia menemaninya untuk merayakan Natal setiap tahun.   Hal ini dia lakukan karena kondisi keluarga yang berantakan yang tidak pernah diharapkan oleh siapapun. Anak muda itu berasal dari keluarga broken home, dimana ayah dan ibunya telah bercerai. Sebelum ayah dan ibunya bercerai dia seringkali menjadi korban kekerasan sebagai pelampiasan pertengkaran antara suami isteri tersebut. Ketika sudah mulai beranjak dewasa, dia memutuskan untuk keluar dari rumah dan mulai hidup menggelandang dijalanan. Dia tidak sempat mendapatkan pendidikan yang memadai. Hal itu menyebabkan dia sulit mendapat pekerjaan yang mapan. Namun karena ketekunannya bekerja membantu seorang sopir truk, lama kelamaan diapun berhasil menjadi sopir truk. Setelah beberapa lama menggeluti pekerjaannya dengan ulet, maka diapun bisa menisihkan sebagian penghasilannya disamping menanggulangi kebutuhan sehari-hari untuk dapat ditabung. Kesepian yang sering membelenggu hatinya telah mendorong hatinya untuk rela membayar sejumlah harga untuk mengusir rasa sepinya, walaupun hanya sesaat merasakan kebahagiaan seakan-akan memiliki keluarga yang utuh. 

          Sesungguhnya kalau kita sadar, bahwa keluarga adalah tempat paling nyaman, karena didalamnya ada  perhatian seorang ayah, kasih sayang seorang ibu dan kepedulian saudara-saudara kita. Orang-orang yang selalu ada pada saat dibutuhkan, yang selalu mau mendengar saat orang lain semua menutup telinganya, selalu mengerti saat orang lain tidak mau tau dan selalu yakin saat orang lain selalu ragu. Hal seperti itu bisa menimbulkan rasa iri hati bagi orang yang tidak memiliki keluarga yang utuh.

          Oleh karena itu bersyukurlah apabila Anda masih mempunyai keluarga yang utuh. Karena ditempat-tempat lain banyak yang merindukan keluarga yang utuh dan haus kasih sayang. Kita juga harus sadar bahwa tidak ada keluarga yang sempurna seperti yang kita bayangkan, karena manusia tidak luput dari permasalahan dan kelemahan. Akan tetapi selama keluarga Anda masih utuh, kasih sayang masih lebih banyak bertumbuh daripada konflik yang terjadi. Jadi bersyukurlah untuk keluarga yang masih utuh hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar