Kamis, 17 Juli 2014

KIAT HIDUP BAHAGIA



          Kebahagiaan adalah suatu keadaan atau kondisi yang yang didambakan oleh semua manusia normal, walaupun kadang-kadang manusia tidak menyadari bahwa yang dilakukan itu bertolak belakang dengan sesuatu yang didambakan itu. Manusia seringkali bersikap atau bertindak keliru dalam menghadapi persoalan yang dihadapi dalam kehidupannya.  

          Hidup hanya sekali dan sebentar saja, oleh karena itu marilah kita mengisi kehidupan kita dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Yang Maha Kuasa dan alam semesta ini mengaruniakan beraneka ragam kebutuhan hidup disekeliling dan didalam diri kita. Untuk itu kita harus memanfaatkan dan mendayagunakan semua karunia itu untuk kebutuhan kita dan orang lain. Tentu saja orang yang bersikap atau berbuat baik pastilah dapat berkat dari Sang Pencipta. Janganlah selalu berpikir untung rugi untuk melakukan sesuatu, tapi lakukanlah segala sesuatu dengan tulus dan bantulah orang yang membutuhkan bantuanmu. Lakukanlah perbuatan baik secara spontan dan tanpa pamrih. Apa yang kita tanam pastilah akan kita tuai pada waktunya. 

          Perlu kita sadari bukan hal-hal yang diluar diri kita yang membuat kita berhasil atau beruntung dan bukan benda-benda yang kita miliki menjadi penentu keberhasilan kita. Tetapi pola pikir, sikap mental, kerja keras dan sungguh-sungguh serta doa kitalah yang pada akhirnya membawa kita kepada keberuntungan dan kesuksesan.  

          Ingatlah tidak ada sukses yang tiba-tiba tanpa kerja keras. Tentu saja berbagai faktor yang mendukung harus kita persiapkan. Sukses memerlukan proses belajar dan membutuhkan semangat juang. Ketika kita sudah menetapkan target, maka kita harus lebih rajin, lebih bekerja keras, fokus dan tentu saja harus jujur. Segala sesuatu perlu proses dan perlu waktu hingga sukses kita capai. Berjuang terus, sambil menikmati semua proses yang kita lalui hingga sukses yang kita capai lebih bermakna.  
Dalam mengarungi hidup, kita perlu motivasi untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan. Kita cari solusi untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin membelenggu kehidupan kita. Untuk itu ada baiknya kita juga mau mencoba memahami beberapa tips untuk mencapai kehidupan yang lebih bahagia sebagaimana disebutkan berikut ini :

1. Jangan suka dendam tapi selalulah rela memaafkan. Dendam yang berkepanjangan bisa menjadi suatu beban yang sangat berat dalam kehidupan kita. Untuk itu jangan sekali-kali membuang-buang energy untuk memikul beban yang tidak bermanafaat. Dan  obat yang paling mujarab untuk itu adalah rela memaafkan.  

2. Jangan terlalu gampang khawatir. Kenyataan menunjukkan bahwa banyak hal dari yang kita khawatirkan sebelumnya tidak pernah benar-benar terjadi. Maka rasa takut yang berlebihan seringkali membuat hidup kita susah. Tentu saja sikap hati-hati memang perlu.

3. Prioritaskan menyelesaikan masalahmu. Membantu orang lain adalah sikap yang patut dan mulia, tetapi seringkali orang memikirkan masalah orang lain sementara masalahnya sendiri belum terselesaikan. 

4. Selesaikan masalahmu satu persatu. Adakalanya masalah yang muncul dalam kehidupan kita bisa beruntun dan bertumpuk-tumpuk. Untuk itu jangan pernah berpikir bisa menyelesaikan semua masalah sekaligus. Selesesaikanlah satu demi satu karena kemampuan kita terbatas.

5. Jangan bawa masalah kantor ke rumah atau ketempat tidur. Seringkali orang yang mempunyai masalah dikantor atau ditempat kerjanya dibawa ke rumah bahkan sampai ke tempat tidur. Janganlah sekali-kali membawa masalah kantormu kerumah karena hal itu bisa mengganggu kenyamanan keluargamu dan jangan sekali-kali membawanya ketempat tidur karena hal itu tidak akan pernah membawa kau tidur nyenyak.

6. Jangan terpaku dengan masa lalu. Kesuksesan dimasa lalu biarlah itu menjadi kenangan dan pengalaman yang baik, tapi jangan sekali-kali kita terpaku dengan itu karena sekarang kita hidup menuju masa depan.

7. Mengucap syukurlah dalam segala hal. Mengucap syukur atau berterimakasih atas segala hal yang kita alami adalah satu hal yang sangat baik, bukan hanya untuk yang positif tetapi juga hal yang negatif. Kita harus yakin bahwa setiap hal yang kita alami akan memberi  pelajaran membawa kita kedalam kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar