Senin, 25 Agustus 2014

KATA HATI




          Apakah anda tahu, bahwa kata hati sering juga disebut hati nurani atau suara hati? Kata hati atau hati nurani ini, dapat diartikan juga sebagai sesuatu yang dapat  diketahui atau dipahami.  Secara singkat, pada umumnya hati nurani dapat diartikan sebagai dorongan keinsyafan batin yang dimiliki oleh seseorang untuk mengambil keputusan. Hati nurani dapat menghayati tentang apa yang baik dan yang buruk, yang berhubungan dengan tingkah laku kongkrit kehidupan seseorang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa manusia memiliki kesadaran yang memungkinkannya memiliki kebebasan sebagai makhluk yang bertanggungjawab atas tindakannya. Oleh karena itu hati nurani harus selalu memperoleh pengaruh positif dari luar. Baik itu pengaruh budaya maupun lingkungan kehidupannya.
          Memang harus diakui, bahwa suara hati bersifat subyektif, karena keputusan dan sikap hati kita sangat dipengaruhi oleh diri kita sendiri. Suara hati mencerminkan segala pengertian dan prasangka kita sendiri, karena suara hati memang bersumber dari diri sendiri.
Hati nurani juga bersifat personal dan adipersonal. Bersifat personal karena selalu berkaitan erat dengan pribadi yang bersangkutan. Bersifat adipersonal karena seolah-olah melebihi pribadi  kita yang merupakan insan diatas kita yang dapat menerangi dan memberikan kesadaran terhadap moral klita.
          Oleh karena itu, perlu adanya pendidikan dan pendewasaan hati nurani. Orang yang ingin bertumbuh dewasa harus mendidik hati nuraninya, untuk dapat dipergunakan sebagai instrumen penunjuk jalan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar