Jumat, 22 Agustus 2014

EMOSI YANG TIDAK TERKENDALI IBARAT KUDA LIAR




          Marah adalah merupakan satu sifat yang manusiawi, tetapi marah yang tidak terkontrol dengan baik, bisa menjadi emosi yang  sangat mengonsumsi energi. Amarah juga bisa menyebabkan efek yang menghancurkan dalam hidup Anda, karena tubuh akan bereaksi seperti ketika Anda mengalami depresi. Amarah yang tidak terkontrol akan membawa Anda kepada berbagai masalah, seperti masalah kesehatan, menyakiti perasaan orang lain, melakukan kekerasan yang bisa berujung pada tindak kriminal, sulit berkonsentrasi pada saat bekerja dan orang-orang akan menjauhi Anda. Lebih dari itu, kemarahan yang sering tidak terkendali akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Misalnya memicu hipertensi (tekanan darah tinggi), lemahnya tubuh dan lemahnya otak.
          Banyak orang yang sulit mengendalikan amarahnya. Bagi orang yang bekerja dalam satu perusahaan dengan karyawan yang banyak akan lebih mudah bertemu dengan hal-hal yang bisa memancing kemarahan, dibandingkan dengan Anda yang bekerja secara mandiri. Berkaitan dengan pekerjaan, bagaimana sikap yang Anda harus lakukan, jika menghadapi situasi yang bisa menyulut kemarahan? Seorang raja Israel yang sangat terkenal  hikmat dan bijaksana bernama Salomo memberikan nasehat untuk mengendalikan amarah adalah dengan bersabar. Salomo mengatakan “Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasi dirinya, melebihi orang yang merebut kota”.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa untuk bersabar kuncinya adalah Anda harus menguasai dan mengendalikan diri sendiri. Untuk mengendalikan diri, langkah pertama yang  bisa Anda lakukan adalah dengan menarik nafas yang dalam. Tujuannya untuk menenangkan pikiran dan hati Anda yang dipenuhi emosi. Setelah pikiran dan hati Anda tenang, usahakanlah untuk tersenyum supaya seluruh syaraf yang tegang menjadi rileks.
          Dalam kehidupan yang serba sulit dan dalam kondisi yang semakin rumit memang sangat sulit untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu amarah. Namun, marilah kita belajar untuk menjadi orang bijak dalam menghadapi situasi serumit apapun. Bersabar adalah wujud dari kebijakan. Ingatlah apabila tidak mengendalikan emosi, kita ibarat kuda liar.
(cia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar