Jumat, 12 September 2014

PERLU KECERDASAN SPIRITUAL



          Di zaman kehidupan yang serba modern ini banyak orang berusaha hanya mencari kecerdasan inteligensia saja. Banyak orang yang menempuh atau mengikuti berbagai pendidikan baik yang bergelar akademis maupun non gelar, sehingga untuk menuliskan namanya  berikut gelar yang dimilikinya sampai tidak muat satu baris. Dengan pengetahuan yang dimiliki orang berpikir akan bisa meraih sukses dalam perjalanan hidupnya. Sebagian besar orang mungkin berpikir yang penting cerdas dan memperoleh prestasi tinggi. Tapi kenyataannya kecerdasan intelektual tidak cukup, harus dibarengi juga dengan kecerdasan spiritual yang punya peranan vital bagi kehidupan setiap manusia. 

          Kecerdasan Spiritual diperlukan sebagai landasan untuk berfungsinya secara efektif baik bagi IQ maupun EQ dan itulah kecerdasan kita yang paling tinggi. Jadi kecerdasan kita secara kerohanian atau kecerdasan spiritual tidak boleh dipandang sebelah mata. Banyak hal yang dicapai seseorang tanpa diimbangi dengan kehidupan spiritual yang baik bisa membawa seseorang itu berakhir pada kehancuran.  Rumah tangga yang dibangun dengan susah payah, bila tidak didasari kehidupan spiritual yang baik maka juga akan hancur. Kita sering melihat kehidupan para public figure yang mengalami kehidupan kawin cerai. Usaha keluarga atau perusahaan yang dibangun dengan baik bisa juga hancur karena tidak memiliki kehidupan spiritual yang baik. Karir atau jabatan prestisius yang  sudah diperoleh seseorang bisa tiba-tiba hancur kalau tidak didasari kehidupan spiritual yang baik.

          Dengan demikian kehidupan dengan spiritual yang baik sangatlah dibutuhkan setiap orang. Sebagai umat beragama kita harus punya hikmat untuk mewujudnyatakan kehidupan kita. Kita boleh merencanakan segala sesuatu tapi Tuhanlah yang menentukan hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar