Kamis, 11 September 2014

HARUS PUNYA KREDIBILITAS



          Sesungguhnya setiap orang hidup harus punya kredibilitas yang menunjukkan kualitas, kapabilitas atau kekuatan yang menumbuhkan kepercayaan pada dirinya. Kredibilitas  dalam dimensi efektivitas pribadi merupakan modal utama untuk membangun reputasi. Sedangkan reputasi merupakan bagian masa lalu yang harus selalu disesuaikan dengan perubahan waktu yang mengambarkan jaminan seseorang, yang menjanjikan dalam  menunjukkan kemampuan berkarya kepada orang disekitarnya baik pengikut maupun teman. Apabila kredibilitas seseorang rendah, maka akan rendahlah kepercayaan seseorang kepadanya. Sebaliknya semakin tinggi kredibilitas seseorang, maka semakin tinggi pula kepercayaan seseorang kepadanya. Sebetulnya menumbuhkan kredibilitas bukanlah hal yang sulit, tetapi memang bukan hal yang mudah juga untuk dilakukan. Semua itu tergantung pada diri pribadi dan perilaku seseorang. 

          Adakalanya seseorang punya kredibilitas baik dan ada pula seseorang yang punya kredibilitas jelek atau buruk. Sudah tentu orang yang punya kredibilitas baik akan lebih mudah mendapat kepercayaan dibandingkan dengan orang yang punya kredibilitas jelek atau buruk. Untuk membangun kredibilitas yang baik tentu tidak bisa dilakukan dalam waktu satu atau dua hari, atau seperti membalik telapak tangan, akan tetapi harus dibangun terus menerus sepanjang waktu. Oleh karena itu setiap orang harus mampu menjaga agar kredibilitasnya yang sudah baik dengan tetap hidup baik dan bersih. Sikap hidup bersih dapat ditunjukkan dengan beberapa hal antara lain, jujur, bertanggungjawab dan selalu bersyukur. Berperilaku yang baik memang tidak gampang, maka perlu terus menerus melatih diri untuk bisa hidup bersih sehingga menjadi budaya atau gaya hidup.

          Selanjutnya mempertahankan gaya hidup yang sudah bersih akan jauh lebih sulit daripada mulai membangunnya. Sama halnya dengan mempertahankan kredibilitas yang sudah baik. Untuk itu, maka berusahalah selalu menjaga perilakumu setiap hari.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar