Kamis, 04 September 2014

JANGAN RENDAH DIRI



           Ketika Franklin D. Roosevelt menjabat  sebagai sekretaris Angkatan Laut Amerika Serikat pada usianya yang ke-39 tahun, dia diracuni oleh lawan politiknya hingga mengalami kelumpuhan yang tidak bisa membuatnya beraktivitas dengan maksimal. Meskipun kemampuan kepemimpinannya sangat diakui dan disegani oleh masyarakat, namun tetap saja hal itu membuatnya rendah diri. Dia merasa bahwa dirinya bukan lagi yang dulu. Dia merasa dikucilkan oleh orang-orang sekitarnya karena dia lumpuh.

          Diapun memutuskan untuk berhenti sejenak dari kesibukannya dan duduk ditepi danau yang sepi dengan kursi rodanya. Saat itu, banyak orang lumpuh lain yang berdatangan untuk sekedar bertemu dengannya, seorang pemimpin yang telah dikenal cukup luas dikalangan orang Amerika.  Saat itulah, Roosevelt sadar bahwa ternyata banyak orang yang peduli dengannya. Dia telah salah menilai dirinya sendiri. Kepercayaan dirinyapun mulai bangkit dan dia kembali berkarya di dunia politik. Sejak saat itu, karirnya terus naik hingga dia terpilih menjadi presiden Amerika Serikat sebanyak empat kali berturut-turut dan berhasil mengentaskan Amerika Serikat dari depresi nasional akibat Perang Dunia yang melanda selama pemerintahannya.

          Banyak orang keliru dalam menilai diri sendiri. Mereka menganggap bahwa diri mereka tidak mampu untuk berbuat sesuatu. Mereka menganggap diri mereka tidak punya bakat, modal, keterampilan atau darah bisnis dalam dirinya sehingga tidak pernah bertindak untuk mencapai kesuksesan. Mereka selalu menganggap orang lain lebih berhasil karena orang lain memiliki sesuatu yang tidak mereka miliki. Padahal, sebenarnya, mereka tidak berhasil karena tidak mau mernggali potensi yang dimiliki. Itu sama saja dengan mengubur talenta  yang telah Tuhan berikan  bagi kita sehingga tidak mendapatkan hasil apa-apa. Sungguh sangat disayangkan, bukan? Jadi ubahlah pola pikir kita. Pandanglah diri kita dengan kacamata positif. Janganlah kita memandang rendah diri sendiri apalagi kita sama sekali tidak mau bertindak. Percayalah, bahwa sukses adalah hak setiap orang. Dan setiap orang pula wajib untuk mengusahakannya.  Jika orang lain bisa maka kitapun bisa. Mari, jangan kubur talenta kita, tapi gali terus. Berusahalah untuk mengembangkan apapun yang bisa kita lakukan bagi kemajuan kita. Maka kitapun akan segera menuai keberhasilan yang kita impikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar