Senin, 01 September 2014

MOTIVASI YANG BENAR



          Disebuah hutan  ada dua ekor serigala yang bersahabat. Suatu ketika serigala yang satu menantang serigala yang kedua untuk menangkap seekor kelinci yang sedang berada tidak jauh dari mereka. Serigala kedua itupun menerima tantangannya karena dia ingin membuktikan kehebatannya. Serigala itu langsung berlari sekencang-kencangnya untuk menangkap kelinci itu. Kelinci itupun spontan langsung berlari untuk menyelamatkan diri dari kejaran serigala yang kekuatannya jauh melebihi dirinya. Namun ternyata, serigala itu gagal menangkapnya kelinci itu. Kelincahan dan kecepatan lari kelinci itu ternyata sanggup mengalahkan kekuatan dan kecepatan seekor serigala yang sudah berpengalaman dalam berburu. Kelinci itupun segera bersembunyi dan serigala itu gagal menangkapnya. Serigala pertama itu kemudian bertanya, “ Tahukah kamu kenapa kamu gagal mengejar kelinci itu?”  “Tidak tahu, memang kenapa?” Jawab serigala yang kedua. Serigala pertama pun berkata, “Kamu gagal karena kamu tidak serius. Kelinci itu berlari lebih cepat karena dia harus menyelamatkan nyawanya, sedangkan kamu berlari dan mengejarnya hanya untuk pamer kehebatanmu”.

           Kisah diatas bisa memberi pelajaran berharga bagi kita bahwa motivasi seseorang dalam melakukan sesuatu pekerjaan akan menentukan hasil yang didapatkannya. Banyak orang bekerja ditempat yang sama, di posisi yang sama, dengan tugas yang sama tetapi mereka mengasilkan sesuatu yang sangat berbeda. Sebenarnya, itu semua tergantung dari motivasi mereka dalam bekerja. Jika orang bekerja dengan motivasi yang salah maka dia tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Kendati dia memperoleh hasilnya (secara materi), dia tidak akan merasa puas dengan apa yang sudah diraih. Karena itu, mari kita renungkan baik-baik, apa motivasi kita dalam bekerja selama ini. 

          Apakah kita bekerja hanya karena mengejar materi, popularitas, jabatan atau sekedar pamer untuk membuktikan  kepada orang lain bahwa kita lebih unggul dari mereka? Ingatlah, bahwa pekerjaan yang kita tekuni sekarang Tuhan percayakan bagi kita untuk kita kerjakan dengan semaksimal mungkin. Kita tidak perlu memusingkan soal materi karena itu  semua sudah Tuhan sediakan bagi kita. Tetapi bekerjalah dan lakukanlah segala sesuatu dengan segenap hati, seperti untuk Tuhan bukan untuk manusia. Bekerjalah sebaik-baiknya karena itulah ibadah kita kepada Tuhan, yang akan mendatangkan berkat bagi hidup kita. Itulah motivasi yang benar, yang Tuhan kehendaki dalam hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar