Minggu, 07 Desember 2014

CIRI-CIRI ORANG YANG MEMILIKI TUJUAN HIDUP





Apakah mungkin ada orang tidak punya tujuan hidup di dunia ini? Tentu saja ada orang yang tidak jelas tujuan hidupnya, hal tersebut bisa terlihat kualitas hidup seseorang. Tujuan hidup atau cita-cita seseorang bisa mempengaruhi kualitas hidupnya. Apabila ada dua orang yang mempunyai latar belakang sosial yang sama, kecerdasan dan intelektual yang sama, pendidikan yang sama bahkan profesi yang sama pula. Apakah mereka akan memiliki kualitas hidup yang sama? Tentu saja tidak. Karena masa depan atau prestasi yang diperoleh seseorang sangat tergantung dengan tujuan hidup yang dimilikinya. Ketika seseorang memiliki tujuan hidup, maka ia akan memandang dan menyikapai kehidupan ini dengan cara yang berbeda. Ciri-ciri orang yang memiliki tujuan hidup dapat digambarkan dengan minimal 3 hal sebagai berikut :
Pertama. Punya mental yang sangat kuat. Jika seseorang telah memiliki tujuan hidup yang jelas, hal itu akan memberinya energi atau kekuatan untuk menghadapai masa-masa sulit dalam hidupnya. Dia akan tetap  setia melakukan tanggungjawabnya, karena merasa memiliki tujuan hidup yang jelas.
Kedua. Punya kemampuan mengendalikan diri atau mengendalikan emosi. Kita bisa saja memiliki banyak keunggulan diri, akan tetapi tanpa kempuan mengendalikan emosi semua keunggulan itu bisa menjadi sia-saia. Sebagai pribadi yang punya emosi, memang boleh merasa jengkel, marah ataupun murka. Walaupun mengungkapkan emosi merupakan hal yang manusiawi, tetapi hal itu tidak bisa digunakan untuk pembenaran bisa bertindak secara sembarangan. Ketidakmampuan mengendalikan emosi fatal akibatnya.
Ketiga. Hidup dengan sikap bijaksana. Disamping akal budi, Tuhan juga memberi manusia kebebasan. Akan tetapi kebebasan ini yang sering disalahgunakan oleh manusia, karena sering digunakan tanpa bertanggung jawab. Kebebasan yang dilakukan secara bertanggungjawab inilah yang disebut dengan hidup bijaksana. Ketika seseorang bisa menjalani hidupnya dengan bijaksana, maka masa depan yang lebih cerah akan menjadi miliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar