Senin, 10 November 2014

3 HAL YANG PERLU DIJAGA




          Hampir dapat dipastikan bahwa semua manusia di muka bumi ini apapun sukunya, latarbelakang kehidupan, agama dan keyakinannya pada dasarnya ingin kehidupannya yang aman, baik dan tenteram serta terhindar dari kecelakaan. Namun banyak manusia tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dijaga atau dikendalikan dalam kehidupannya untuk mencapai kehidupan seperti tersebut diatas, atau mengetahuinya tapi tidak mau melakukannya dalam kehidupannya.  Untuk memperoleh kehidupan dimaksud ada 3 hal yang perlu dijaga atau dikendalikan dalam kehidupannya masing-masing.

Pertama dan terutama : Jagalah hatimu. Karena dari hatilah berasal segalanya. Hati mengarahkan sikap tubuh kita. Hati yang baik mendorong kita memandang, mendengar, berkata dan berbuat yang baik juga. Sebaliknya hati yang jahat mendorong indera dan tubuh kita juga melakukan yang jahat pula. Oleh karena itu jagalah hatimu supaya selalu bersih, ikhlas dan damai.

Kedua : Jagalah mulut dan bibirmu. Semua perkataan keluar dari mulut dan bibir. Jangan biasakan berkata bohong sebaliknya biasakanlah berkata jujur. Pilihlah kata-kata yang baik, santun dan hormat juga dalam saat marah, lapar dan dahaga atau sakit. Kendalikan bibirmu jangan terlalu banyak bicara dan mengumbar kata-kata. Tuhan memberi kita kemampuan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan kita secara benar dan baik. Gunakanlah itu secara baik dan benar.

Ketiga : Kendalikanlah matamu. Kita tidak harus memakai kacamata kuda. Namun kita, kalau mau, dapat memilih apa yang hendak kita pandang dan tatap lama-lama. Sebab itu pandanglah yang baik-baik. Lihatlah lurus kedepan kepada tujuan. Jangan terlalu banyak menoleh kesamping atau kebelakang. Terlalu sering melihat hal yang buruk dan yang tidak perlu membuat kita bisa tergoda. Mata kita, atau yang sering kita lihat itulah biasanya yang akan menggoda kita.
Tidak banyak yang dituntut  yang harus kita jaga dan kendalikan dalam kehidupan kita, cukup tiga hal. Dengan menjaga dan mengendalikan ketigal hal tersebut diatas, percayalah  hidup kita akan lebih aman, baik dan tenteram serta tehindar dari kecelakaan.
COBALAH LAKUKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar