Rabu, 10 Desember 2014

POTENSI DAN TALENTA



          Banyak orang menilai bahwa kesuksesan diperoleh dari bakat yang dimiliki oleh seseorang. Ada yang berbakat menjadi atlet, berbakat jadi seniman, berbakat jadi artis atau pengusaha. Namun pada kenyataannya, seorang atlet yang paling berbakatpun harus berlatih selama bertahun-tahun untuk bisa bertanding dengan baik. Seorang penyanyi berbakatpun harus berlatih bertahun-tahun untuk memperoleh suara yang merdu. Dari penjelasan itu, dapat kita simpulkan bahwa segala kesuksesan yang diraih seseorang bukan saja dihasilkan dari bakat, tetapi dari usaha keras, ketekunan dan kemauan untuk belajar. 

          Sebenarnya talenta yang diberikan Tuhan bukan hanya berupa bakat saja, melainkan modal utama yang diberikan Tuhan bagi kita untuk dikembangkan. Modal itu berupa potensi diri yang diberikan bagi kita sejak lahir. Potensi tersebut adalah : 

Pertama adalah waktu. Setiap orang memiliki wkatu yang sama yaitu 24 jam. Yang membedakan adalah ada orang yang menggunakan waktunya dengan bijak, namun ada pula yang membuang-buang waktunya dengan hal-hal yang tidak berguna. Waktu yang kita miliki tidaklah panjang, karena itu kita harus menggunakannya dengan semaksimal mungkin.

Kedua adalah pikiran. Menurut penelitian kapasitas otak kita adalah 100.000 Giga Byte. Itu setara dengan 2.500 kali kemampuan CPU dengan hard disk berukuran 40 GB. Dengan kemampuan otak yang sedemikian hebat ini, akankah kita menyia-nyiakan kemampuan ini begitu saja tanpa mau mengembangkannya? Tentu tidak, bukan? 

Ketiga adalah tenaga. Tenaga memang bisa habis karena digunakan. Namun tenaga yang terus dilatih akan terus meningkat kemampuannya. Orang yang berlatih mengangkat beban akan mudah untuk mengangkat beban yang sama dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak mau melatihnya. Demikian pula dengan kekuatan jiwa kita. Semakin kita sering berada didalam tekanan, maka otot-otot jiwa kita semakin lentur dan kuat dalam menghadapi berbagai persoalan. 

Ketiga potensi ini, harus kita gunakan dan kembangkan sebaik-baiknya. Semakin kita mengembangkan talenta yang Tuhan berikan semakin banyak pula talenta-talenta lain yang akan kita terima. Karena itu, jangan pernah sia-siakan potensi apapun yang ada dalam diri kita. Karena itulah modal yang bermanfaat bagi kesejahteraan dan masa depan hidup kita. Teruslah berusaha untuk memberikan yang terbaik dari diri kita saat ini, maka kita akan menuai hasil yang melimpah dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar