Rabu, 10 Desember 2014

INSTROPEKSI DIRI



           Suatu hari, ada seekor burung kecil yang sedang sibuk mengemas barang-barangnya karena dia mau pindah tempat. Salah seorang tetangganya yang melihatnya kemudian menyapanya dan bertanya kepada,  “Kamu mau pergi kemana?” Burung kecil  itu menjawab, “ saya mau pergi ke hutan di sebelah timur”. Tetangganya bertanya lagi, “Disini hidupmu lumayan enak, tetapi kenapa kamu mau pindah?” Burung kecil itu menjawab,  “Mereka tidak suka mendengar aku bernyanyi”. Tetangganya kemudian berkata, “Sebenarnya kamu tidak perlu pindah. Yang perlu kamu lakukan adalah memperbaiki suaramu  ketika kamu bernyanyi. Jika kamu tidak mau mengubah suaramu ketika kamu bernyanyi, maka mereka yang ada disana tetap saja tidak akan suka dengan suaramu”.

          Seperti dalam kisah diatas, dalam kehidupan kita sehari-hari, sering kita jumpai orang-orang yang selalu menghakimi orang lain atas sesuatu yang buruk terutama yang terjadi pada dirinya. Mereka cepat-cepat  mengkritik dan mencari-cari kesalahan orang lain tanpa mau bercermin kepada dirinya sendiri dan menyadari kesalahan apa yang mungkin pernah mereka perbuat. Sikap semacam inilah yang sering terjadi dalam diri orang-orang yang karirnya tidak pernah meningkat. Mereka selalu mengeluh karena gajinya yang kecil, perlakuan atasan yang tidak baik, atau suasana kerja yang tidak nyaman. Sedangkan mereka sendiri tidak pernah mau berusaha merefleksi diri dan mengubah keadaan.  Sebenarnya, jika mereka mau bercermin dan memperbaiki diri, mereka dengan bekerja lebih giat, bersikap baik dan ramah ditempat kerja, maka hasilnya akan jauh berbeda.

           Karena itu, mari kita ubah cara pandang dan pola pikir kita terhadap lingkungan sekitar kita. Jangan buru-buru menghakimi dan menilai buruk terlebih jika masalah datang melanda. Kita harus menginstropeksi diri dan bertanya pada diri kita, kesalahan apa yang mungkin kita buat. Segeralah perbaiki kesalahan tersebut. Ingatlah, perubahan tidak dimulai dari orang lain, melainkan dari diri kita sendiri. Percayalah, jika kita berubah, maka orang lain disekitar kita juga akan berubah dengan sendirinya. Sekali lagi, perbaiki diri kita, maka segala sesuatu juga akan menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar