Selasa, 09 Desember 2014

GINJAL SEHAT, HIDUP BAHAGIA




          Ginjal merupakan bagian organ yang sangat penting karena berfungsi untuk mengeluarkan racun  sisa metabolisme dari dalam tubuh. Bila ginjal terganggu, sisa dari metabolisme tubuh tersebut akan menumpuk didalam tubuh. Akibatnya, sisa metabolisme  itu justru akan menjadi racun dalam tubuh.
          Dulu, penyakit ginjlal kronis mayoritas diderita oleh oranbg tua. Namun, sekarang angka penderita ginjal kronis juga mengalami peningkatan pada pasien berusia muda. Ibarat buah apel yang bagus di luar, tetapi busuk didalam.  Anak muda yang tampak sehat, ternyata menyimpan penyakit yang mematikan.
Awal  terserang penyakit, penurunan fungsi ginjal tidak bergejala, tahu-tahu divonis harus cuci darah. Biasanya, keluarga yang mendapat kabar seperti ini tentu akan  sangat sedih dan kaget, tetapi mereka pasti akan melaksanakan karena cara itulah satu-satunya yang diketahui untuk proses penyembuhan. Meskipun cuci darah akan membantu  penderita, kualiatas hidup pasien terpengaruh. Oleh karena itu, sebaiknya jagalah ginjal Anda sebelum gangguan ginjal muncul,
Tidak sulit sebenarnya menjaga ginjal tetap sehat. Cukup sebuah kedisiplinan yang diperlukan untuk menjalani pola hidup sehat, seperti rutin beraktivitas fisik 30 menit sehari, konsumsi makanan dan minuman sehat, kurangi konsumsi garam, minum air putih, jaga berat badan, dan periksa laboratorium secara berkala.
Pemeriksaan laboratorium yang dianjurkan untuk memantau  fungsi ginjal adalah Cystatin C dan Albumin Urin Kuantitatif (AUK). Cystatin C menggunakan sampel darah untuk mengetahui estimasi laju filtrasi glomerulus (elFG) mencerminkan fungsi ginjal. Sementara itu, pemeriksaan AUK menggunakan sampel urine untuk mengetahui apabila terdapat kebocoran protein (albumin) dalam urine. Normalnya, protein tidak dibuang bersama urin.
Dengan menjalani pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan laboratorium secara berkala, tidak hanya mencegah potensi kerusakan ginjal, tetapi perlindungan terhadap ginjal juga semakin sempurna.  Jangan sampai pemeriksaan terlambat dilakukan. Berikan perhatian kepada ginjal Anda agar tetap sehat.  (*/VTO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar