Senin, 13 Oktober 2014

KELUARGA YANG HIDUP DALAM KASIH


Kolose 3: 12 "Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan, dan kesabaran."

Kolose 3: 14 "Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan."

Dari nats tersebut hendaknya kita dapat membangun keluarga yang hidup di dalam kasih, sehingga keluarga kita menjadi teladan bagi orang lain.

Allah telah memilih kita dan keluarga kita untuk diselamatkan dan diberkati. Ia mencurahkan kasih-Nya kepada keluarga yang hidup saling mengasihi. Dengan demikian, keluarga orang percaya menjadi terang dan saluran berkat bagi banyak orang. Melalui keluarga orang percaya, banyak orang dapat melihat dan merasakan kasih-Nya.
Arti keluarga yang hidup dalam kasih-Nya..
  1. Suami mengasihi istri (Efesus 5: 25) "Hai suami, kasihilah isterimu  sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya. Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya, mengasihi dirinya sendiri. Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat." Sikap: Tidak berlaku kasar, mengasihi tanpa pamrih, seperti Kristus mengasihi jemaat-Nya.
  2. Istri tunduk kepada suami (Efesus 5: 22) "Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh. Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu." Sikap: Tunduk. Sebagaimana tunduk kepada Tuhan. Contohnya tidak mengambil alih kepemimpinan dalam keluarga, karena suami adalah kepala keluarga dan istri adalah penolong.
  3. Anak-anak taat dan hormat kepada orangtua (Efesus 6: 1-3) "Hai anak-anak, taatilah orangtuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi." Sikap: Taat dan hormat. Tidak memberontak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar